Rangkuman jurnal Ekonomi Teknik

EKONOMI TEKNIK

Pengenalan
Ekonomi teknik adalah pengaplikasian dari teknik ilmu ekonomi untuk mengevaluasi bentuk dan cara alternatif dari ekonomi. Peranan ekonomi teknik adalah untuk menilai kelayakan suatu proyek tertentu, memperkirakan nilainya, dan membenarkannya dari sudut pandang teknik.
Konsep Arus Kas (cash flow)
Arus kas (cash flow) adalah aliran nilai atau dana moneter (dollar) yang digunakan sebagai biaya (inputs) untuk menghasilka keutungan (outputs). Arus kas (cash flow) tersebut dihasilkan dari sebuah proyek investasi.
Nilai Waktu Uang (Time-Value of Money)
Berikut ini adalah alasan mengapa $1000 hari ini lebih berharga daripada $1000 1 tahun dari sekarang:
Inflasi
Resiko
Biaya uang (cost of money)
Dari hal tersebut, biaya uang adalah yang paling dapat diprediksi, dan oleh karena itu biaya uang adalah komponen yang penting pada analisis ekonomi. Biaya uang dinyatakan dengan (1) uang yang dibayarkan untuk penggunaan dari peminjaman uang, atau (2) pengembalian atas investasi. Biaya uang ditentukan oleh tingkat suku bunga.
Diagram Arus Kas
Cara termudah untuk pendekatan masalah-masalah dalam analisis ekonomi adalah menggambar sebuah gambar atau diagram. Gambar tersebut harus menunjukkan 3 hal, yaitu:
Interval waktu yang dibagi ke dalam jumlah yang sesuai dari periode yang sama
Semua arus pengeluaran kas (deposito, pengeluaran, dll) dalam masing-masing periode
Semua arus pemasukan kas masuk (penarikan, pendapatan, dll) pada setiap periode
Notasi
Untuk menyederhanakan subjek pada analisis ekonomi, ada beberapa simbol-simbol yang diperkenalkan untuk mewakili macam-macam arus kas dan faktor-faktor bunga. Berikut ini adalah simbol-simbol yang digunakan:
P = nilai atau jumlah mata uang pada waktu sekarang ($)
F = nilai atau jumlah mata uang pada waktu yang akan datang ($)
N = jumlah dari periode bunga
i = tingkat suku bunga per periode (%)

Perhitungan Bunga
Bunga adalah uang yang dibayarkan untuk penggunaan dari peminjaman uang atau pengembalian atas investasi modal.
Bunga sederhana, untuk mengambarkan konsep dasar bunga dan sebuah notasi tambahan akan digunakan yaitu: F(N) = jumlah mata uang pada waktu yang akan dating setelah N periode.
Lalu untuk bunga sederhana,
F(1)= P + (P)(i)= P(1 + i)
dan
F(N)= P + (N)(P)(i)= P(1 + Ni)
Bunga majemuk
F(1)= P + (P)(i)+ P(1 + i)
Sama dengan bunga sederhana,
F(2)= F(1) + F(1)(i)
Bunga diterapkan dengan jumlah yang baru:
= (F)(1)(1 + i)= P(1 + i)2
F(3)=F(2)(1 + i)=P(1 + i)3
dan dengan induksi matematika:
F(N) = P(1+i)N
Contoh:
$100 dengan bungan 10% per tahun untuk jangka waktu 5 tahun akan mengahasilkan…
F(5) = 100 (1+0,1)5
= 100 (1.1)5
= $161.05
Lebih dari 7 % merupakan bunga sederhana.

Contoh :
Pada tahun 1626 Michael ronald membeli pulau manhattan dari The canarsie Indian. Harganya pada tahun tersebut adalah $24 (0,5 sen per hektar, 0,2 per akre). Pada tingkat bunga rata-rata sebesar 6%, berapa harga nilai jumlah mata uang pada tahun 2001?
F = P(1+i)N
= $24(1+0.06)375
= $7,4 x 1010
704 juta dolar adalah harga pulau manhattan pada tahun 2001.

Tingkat Diskon (Discount Rate)
Istilah dari tingkat diskon sering dugunakan untuk perbandingan suku bunga. Jika biaya bertambah sama selama umur proyek berlangsung, pemilihan tingkat diskon akan memberi impak kecil pada ratio estimasi keuntungan. Bagaimanapun juga, keuntungan dan biaya terjadi saat waktu yang berbeda selama proyek berlangsung.
Proyek A lebih disukai untuk dikerjakan karena tingkat diskon dibawah 15%. Penentuan untuk mengerjakan proyek A daripada B akan menggambarkan kepercayaan bahwa tingkat diskon adalah kurang dari atau sama dengan 15%.

Analisis Nilai Sekarang (Present Worth)
Analisis nilai sekarang (present worth ) adalah nilai yang diperoleh dari diskon serangkaian arus kas.
Formulasinya : P = F(1+i)-N
Contoh:
Berapa jumlah total nilai untuk harga $1000 dalam jangka waktu 5 tahun dan bung sebesar 10%?
P = 1000(1×1)-5
= 1000 (0,62092)
= $620,92
Faktor analisis nilai sekarang: dalam persamaan diskon, nilai dari (1+i)-N adalah nilai dari faktor analisis nilai sekarang.
Contoh:
Apakah suku bunga dibutuhkan untuk kelipatan 3 dari $1000 dalam 10 tahun kedapan?
P = f/3 = (p/f,I,10)
Oleh karena itu (P/F,i,10) = 1/3
Untuk tambahan C (P/F, 10%,10) = 0,3855
Dan (P/F, 12%, 10)= 0,3220
Oleh interpolasi linear i = 11,6 %
Bunga nominal melawan bunga efektif
Berasumsi bahwa suku bunga adalah majemuk setiap tahun. Jika r adalah suku bunga nominal dan M adalah periode per tahun, maka bunga efektif adalah
i = 1+ (r/M)^M – 1
contoh:
Kartu kredit selalu dikenakan potongan bunga sebesar 1,5 persen per bulan. Bunga nominalnua adalah 1,8% perbulan. Berapakah bunga effektifnya?
i = (1+ 0,0015)12 – 1
= 19,56%

Annual Cost ( Biaya Tahunan)
Untuk perbandingan alternatif dari biaya tahunan, semua arus kas diubah kedalam bentuk pembayaran bertahap.
Contoh;
Bandingkan nilai dengan sistem parsial dan sistem penuh pembayaran sprinkler dengan bunga 10 persen.

Biaya tahunan (sistem parsial) = A+ P(A/P,10%, 15)
= $1000 + $8000 (0,13147)
= $2051,75
Biaya tahunan (sistem penuh) = A + P(A/P, 10%,20)
= $250 + %15,000 (0,11746)
= $2011,90
Rate of Return (Tingkat Pengembalian)
Dapat didefinisikan sebagai tingkat bunga dari analisis nilai sekarang dari arus kas bersih yang bernilai nol. Secara komputasi, metode ini merupakan metode terkompleks untuk perbandingan.
Contoh:
Industri mobil truk pemadam kebakaran memiliki biaya $100,000. Tabungan dalam premi asuransi dan kerugian yang tidak diasuransikan dari akuisisi dan operasi dari peralatan ini diperkirakan sebesar $60,000 per tahun. Biaya petugas setelah 5 tahun adalah $20.000. Pengemudi yang lembur selama jam kerja akan menambah biaya sebesar $10,000 per tahun. Berapa persen tingkat pengembalian yang akan didapat dari investasi tersebut.
@ 40% present worth
= P + F(P/F, 40%, 5) + A(P/A,40%,5)
= -$100,000 + $20,000 (0,18593)
= $5.478,60
@ 50% present worth
= P + F(P/F, 50%, 5) + A(P/A,50%,5)
= -$100,000 + $20,000 (0,13169)
= -$10.536,40
Dengan interpolasi linear, maka besarnya persentase tingkat kembalian yang didapat adalah sebesar 43%.
Keuntungan dari analisis biaya
Keuntungan dari analisis biaya juga menunjuk kepada metode perbandingan akibat dari investasi dan dibagi kedalam beberapa kategori keuntungan dan biaya. Langkah terpenting dalam analisis keuntungan dan biaya adalah sebagai berikut.
Mengidentifikasikan secara relavan megenai biaya dan keuntungan yang akan didapat
Perhitungan dari keuntungan dan biaya
Perlakuan yang tak menentu

Marginal cost adalah kenaikan biaya yang harus dikeluarkan karena adanya tambahan barang yang diproduksi. Marginal benefit adalah tambahan manfaat yang diperoleh dari membeli satu unit barang atau jasa.

KERANGKA KERJA BARU UNTUK EKONOMI TEKNIK

Dari dulu pelajar memeplajari bagaimana pemecahan masalah megenai ekonomi dengan menggunakan beberapa peralatan penunjang yang diinstruksikan untuk mengurangi waktu penyelesaian. Kalkulator keuangan (financial calculator) adalah salah satu tools yang digunakan untuk menjawab pertanyaan yang ada. Kalkulator memiliki fungsi finansial dimana disatukan kedalam spreadsheets (lembarkerja) pada software untuk mengurangi beban komputasi. Spreadsheet yang ada menawarkan keuntungan tambahan untuk peramalan sebuah proyek.

Pemodelan Keuangan
Membuat laporan keuangan menjamin para siswa mendapatkan keahlian atau kecakapan financial (keuangan) karena mereka mencontoh perusahaan manufaktur yang diusulkan berdasarkan bulan selama setahun. Konsep akuntansi menjadi aturan simulasi yang diperlukan untuk model perusahaan yang baru mulai. Seperti asumsi dari perusahaan manufaktur yang berkembang, kas sederhana berdasarkan pendapatan dan laporan arus kas berkembang menjadi akuntansi akrual berdasarkan keuangan pro-forma.
Lembar kerja (worksheets) yang termasuk ke dalam keuangan meliputi:
Penjualan dan Manufaktur
Lembar kerja ini menghasilkan unit penjualan dan perkiraan manufaktur, pendapatan, harga pokok penjualan, dan neraca bahan yang diperlukan untuk menghitung persediaan.
Investasi Peralatan
Peralatan yang dibeli, didepresiasi dan dijual, termasuk keuntungan pajak atau malah kerugian. Metode depresiasi yang umum termasuk ke dalam laporan akuntansi keuangan dan MACRS disajikan dalam konteks akuntansi pajak. MACRS (Modified Accelerated Cost Recovery System) adalah penyusutan yang menentukan pajak actual yang dibayarkan oleh sebuah perusahaan dan dengan demikian menentukan arus kas sebuah perusahaan.
Hutang dan Piutang
Arus kas dan pendapatan dapat berbagi simbol yang sama ($), meskipun demikian siswa segera belajar bahwa pendapatan tidak sama dengan uang tunai karena prinsip-prinsip akuntansi akrual.
Amortisasi Hutang (debt amortization)
Lembar kerja hutang menghitung jadwal amortisasi pinjaman saat ini dan juga jangka panjang bagian dari hutang.
Perpajakan (taxation)
Lembar kerja pajak diorganisir atau diurus dengan fleksibilitas. Contohnya pajak bagi perusahaan yang baru mulai atau dibangun dengan menggunakan tabel lulus pajak, atau pajak perusahaan pada asumisi harga rata-rata perusahaan adalah bagian dari perusahaan yang lebih besar.
Penilaian
Setelah arus kas pajak dari laporan arus kas dimasukkan ke lembar kerja ini maka nilai-nilai perusahaannya menggunakan beberapa metode termasuk nilai setara, periode kesetaraan, tingkat pengembalian internal dan analisis rasio manfaat-biaya. Lembar kerja ini juga mencakup perhitungan modal yang diperlukan untuk membiayai perusahaan.

Notasi Faktor
Kebutuhan pinjaman uang untuk membeli peralatan direncanakan untuk akuisisi (pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor) oleh perusahaan hipotetis yang memperkenalkan subjek pada nilai waktu uang di awal semester. Notasi faktor tidak disajikan dalam mengatur masalah nilai waktu dalam format atau susunan sehingga mereka dapat dengan cepat dan akurat menyelesaikan keduanya dengan kalkulator dan Excel.
Salah satu alternatif pada notasi faktor dan tabel-tabel adalah untuk mengatur persamaan nilai waktu dalam konteks lembar kerja dan fungsi kalkulator. Notasi faktor didasarkan pada 3 parameter konstruksi seperti pernyataan sebagai berikut:
F/P = (F/P, i, N)
Nilai pada waktu yang akan datang (Future-Value/F) dibagi dengan rasio nilai pada waktu sekarang (Present-Value/P) yang dipublikasikan dalam tabel-tabel untuk dipilih nilai-nilai tingkat suku bunga (Interest Rate/I) dan jumlah dari periode bunga (Number of Periods/N) untuk memudahkan masalah-masalah nilai waktu.
Saat ini, kalkulator keuangan sangat menyederhanakan masalah-masalah nilai waktu menggunakan 4 fungsi parameter.
F = f (i, N, A, P)
Konsep fungsional ini, termasuk pembayaran, mengakomodasi solusi cepat untuk masalah investasi yang digambarkan diatas. Fungsi nilai pada waktu yang akan dating, termasuk tanda konvensi, secara aljabar setara dengan :
F = -A ((1 + i) N -1) /i -P (1+i) N
Dalam cara yang sama, konstruksi fungsional dan aljabar menyetarakan untuk P,A, dan N dengan mudah diperoleh. Karena tidak ada ajabar setara dengan i, maka dibangun dalam percobaan dan kesalahan algoritma menawarkan solusi cepat kalkulator keuangan untuk masalah-masalah dimana tingkat suku bunga adalah variabel dependen.

Kesimpulan dan rekomendasi
Notasi faktor didesain untuk mempercepat permasalahan dari ekonomi teknik dalam era keterbatasan kapabilitas komputasi. Funsi finansial menyediakan bagi calon teknisi (pelajar) teknik komputasi dalam meningkatkan akurasi perhitungan, khususnya perhitungan nilai unag. Kerangka kerja yang terstruktur yang disediakan oleh program dari spradsheets ( lembar kerja) sangat ideal untuk mengimplementasikan kebijakan akunting untuk membuat pernyatan finansial yang berifat pro-forma. Pernyataan tersebut adalah bahasa yang biasa digunakan oleh pebisnis untuk berkomunikasi tentang impilkasi dari finansial dan tujuan dari proyek yang akan dibuat. Pengimplementasian kebijakan akunting akan meningkatkan sekaligus memperbaiki literatur dari finansial dan memberikan model pembelajaran bagi pelajar agar bisa menggunakan notasi faktor sebagai sebuah sumberdaya di kemudian hari.

About these ads

2 responses to “Rangkuman jurnal Ekonomi Teknik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s