MUDARAT TEKNOLOGI

MUDARAT TEKNOLOGI
Meskipun ada manfaat yang jelas, terjadi juga dampak-dampak sampingan dari teknologi, yaitu :
1. Polusi lingkungan

Hampir semua negara industri kini berkutat dengan masalah polusi/pencemaran lingkungan terhadap hidup manusia yang meliputi air, darat dan udara.
Pencemaran yang diakibatkan oleh teknologi yan diterapkan pada industri-industri meliputi insektisida yang merusak tanah dan air dibidang teknologi pertanian, pabrik-pabrik yang membakar minyak dan batubara sebagai sumber tenaga mengeluarkan zat-zat pencemaran udara jutaan ton per tahun.

2. Habis/Menipisnya Sumber Daya Alam
Kemajuan teknologi yag cepat mengancam pasokan sumber daya alam, contoh nya seperti penggunaan mesin bertanaga listrik di negara-negara industri telah sengat menigkatkan produksi. Tapi, pada saat yang sama ia telah menguras minyak bumi dan bahan bakar lain yang digunakan untuk memproduksi energi listrik.
Beberapa pakar berpendapat bahwa penggunaan pembangkit listrik tenaga air juga menguras sumber daya alam. Biasanya, Pemendungan sungai-sungai mengubah tanah sumber pertanian menjadi danau atau efektifitas bendungan secara perlahan turun karena menumpuknya tanah air di pinggir sungai ke bawah sungai/bendungan.

3. Pengangguran Teknologi
Akibat mekanisasi yakni penggantian tenaga manusia oleh mesin, maka terjadilah pengangguran ini. bahkan penggunaan komputer didalam operasi produksi, dan juga robot-robot, telah menambah laju pengangguran. meskipun perkembangan teknologi ini juga menghasilkan jenis-jenis pekerjaan baru, namun pengangguran tetap mengancam setiap saat.

4. Kebosanan di tempat kerja
umumnya,para pekerja pabrik hanya berperan dalam melaksanakan sebagian kecil tugasnya dari keseluruhan tugas pembuatan suatu produk. dan ini dikerjkan setiap hari, setiap menit, akibatnya rasa menonton dan bosan. dan ini membahayakan secara kejiwaan.
ref : nasrullah reza (pengantar teknik industri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s