Kenali gejala kanker nasofaring

Nasofaring merupakan bagian tubuh yang berada di belakang hidung dan dipertengahan dasar tengkorak. Dengan letaknya yan bersembunyi, dibutuhkan alat khusus yang tentunya berharga mahal untuk membuktikan adanya kanker nasofaring atau tidak.
Namun untungnya kanker nasofaring sangat sensitif terhadap pengobatan melalui tradisional dan kemoterapi. Jika ditemukan pada stadium I dan II, angka ketahanan hidip 5 tahun mencapai 76 persen. Sedangkan jika ditemukan pada stadium III- IV, angkanya mencapai 40 persen. Pada pasien kanker, untuk mengukur angka kesembuhan digunakan angka ketahanan hidup 5 tahun selanjutnya dihitung lgi 5 tahun kemudian.
Gejala secara global penyakit kanker nasofaring lebih banyak ditenui pada ras mongoloid terutama di china selatan dengan angka 40-50 persen kasus per 100.000 penduduknya. Dibandingkan dengan amerika serikat dan eropa dengan angka kurang 1 kasus per 100.000 penduduk. Sementara di indonesia angka pastinya belum ada mengacu data-data dari rumah sakit di beberapa daerah. Gejala kanker nasuofaring ada 4 kelompok yaitu:
1. Gejala nasofaring
– Mimisan ringan. Pada kondisi stadium lanjut mimisan bisa menjadi banyak
– Sumbatan hidung
2. Gejala telinga (dini)
– Tumor dileher bagian atas sekitar belakang telinga
– Salah satu telinga terasa berdengung. Pada kondisi stadium lanjut. Kedua telinga akan berdengung – menjadi tidak mendegar (budak/tuli sebelah)
3. Gejala mata/syaraf (stadium lanjut)
– Mata uling
4. Gejala metastatis/leher
– Terdapat benjolan tapi tidak terasa sakit

Pengobatan terbaik pada penyakit kanker bisa dilakukan jika terdeteksi dini pun agak sulit untuk mengenalinya, bahkan oleh dokter sekalipun. Pasalnya gejala yang awal adalah mirp dengan gejala flu biasa hingga sering kali mengecoh. Adanya sensitivitas yang tinggi terhadap pengobatan radiasi yang kemoterapi pada kanker nasofaring membuat angka ketahanan hidup 5 tahun menjadi tinggi terutama pada stadium awal. Bahkan di negara cina karena banyaknya kasus kanker nasofaring kanker inpun dianggap biasa namun yang sangat harus diingat tentu biaya.
Serta lamanya berobat untuk menyembuhkan kanker ini belum lagi jika dibiarkan tumornya akan menyebar ke organ lain. Biasanya menyebar ke hati, paru-paru tulang sehingga proses penyembuhannya akan sulit.biopsi nasofaring menjadi pemeriksaan wajib yang dilakukan untuk menentukan kanker atau bukan karena jikka dengan CTScan saja tidak bisa diidentifikasi dengan kondisi nya yang tersembunyi. Alat yang digunakan pun memiliki spesifikasi khusus dengan harga ratusan juta sehingga proses penyembuhan akan semakin sulit.
Selain stadium tingkat kesembuhan juga dipengaruhi type dari kanker tersebut dari WHO, kanker nasofaring dibagi menjadi 3 type yakni type 1: KSS dengan kerantinisasi, type 2: KSS tanpa karantinisasi dan type ke 3: KSS tanpa diferensi,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s