kiat merawat radiator mobil

Kiat Merawat Radiator Mobil
Jika mesin mobil anda menjadi panas secara drastis, saatnya anda mengecek kondisi air radiator mobil. Sebab, berkurangnya air radiator bisa disebabkan oleh penguapan dan kebocoran cek dan segera lakukan karena bisa menyebabkan kerusakan pada item lainya.
penguapan adalah hal yang umum terjadi jka air radiator berkurang dengan cepat dan suhu menigkat tajam dalam waktu singkat, kemungkinan terjadi kebocoran dalam radiator mobil anda. Akibatnya mesin mobil anda sukar dihidupkan maka dari itu perawatan patut diperhatikan.
Radiator adalah komponen yang berfugsi sebagai pengatur suhu mesin. Di dalamnya terdapat air radiator (water cooling system) yang bertugas mendinginkan mesin. Untuk mencegah korosi, air radiator perlu diganti secara berkala. Kebocoran dalam sistem terjadi ketika air radiator terhisap masuk ke ruang bakar atau masuk ke dalam sistem pelumasan. Anda bisa mengecek kondisi oil terlebih dahulu. Apabila warna oil berubah seperti susu tandanya air telah masuk ke dalam sistem pelumasan. Jika warna oil berubah kemungkinan air terhisap masuk kedalam ruang bakar.
Perlu diingat juga mengisi air radiator dan membuka tutup radiator ketika masih panas. Air bertekanan tinggi dan panas dari pipa radiator dapat menyembur ke atas. Kulit bisa melepuh jika terkena cipratan air radiator. Sebaiknya istilah air radiator saat mesin sudah dingin.
Anda baiknya mengisi air radiator dengan air murni H2O. Air murni H2O bisa didapat di bengkel-bengkel dan toko otomotif terdekat dengan harga yang sangat murah, ciri-ciri air murni adalah bertutup biru dengan keterangan bisa digunakan untuk air radiator.
Alternatif lainnya gunakan radiator coolant, radiator coolant berfungsi sebagai pelumas memperlambat terjadinya korosi, dan menigktkan titik didih air. Jika menggunakan collant untuk radiator, sebaiknya tidak mengganti-ganti merek untuk menghindari reaksi kimia antarmerek.
Anda juga bisa menggunakan campuran antara air murni dan radiator collant untuk mengisi air radiator coolant untuk mengisi air radiator. Dengan demikian, radiator anda akan tetao awet tidak akan pernah mengalami bocor, dan tidak mudah panas, selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s