sistem teknik industri

Kemampuan seorang teknik industri
Pada dasarnya seorang sarjana lulusan teknik industri harus menguasai dalam tiga bidang keahlian yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, dan sistem industri dan teknok eknomi.
Saya akan menjelaskan lebih detail tentang ke tiga bidang yang harus di miliki oleh seorang lulusan sarjana teknik industri sebagai berikut:
a. Sistem manufaktur
Sistem manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan teknik industri untuk meningkatkan kualitas produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, dan material energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Sistem Manufaktur ini antara lain adalah Sistem Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, dan Ergonomi.
b. Manajemen industri
Bidang keahlian Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen Keuangan, Manajemen Kualitas, Manajemen Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik.
c. Sistem industri dan teknik ekonomi
Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri, Sistem Logistik, Logika Pemrograman, Operational Research, dan Sistem Basis Data
Setelah mempelajari dan memahami dalam tiga bidang tersebut sarjana lulusan teknik industri yakin bisa menatap dan mendaptkan dunia kerja yang lebih baik. Selain itu seorang sarjana lulusan teknik industri juga harus bisa dapat menguasai sistem-sistem internal seperti kepsikologan terhadap dirinya sendiri dilihat dari prospek dunia indutri pada zaman sekarang yang semakin pesat.
Sekian sedikit informasi dari saya mengenai sesorang yang telah terjun dalam dunia keteknikan industri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s