Tentang Eli Whitney

Latar Belakang Revolusi Industri
Selama tahun 1700-an M dan awal 1800-an terjadi perubahan-perubahan besar dalam kehidupan dan pekerjaan manusia dibanyak belahan dunia. Perubahan perubahan ini adalah hasil industrialisasi. Istilah revolusi industri menunjukan perubahan –perubahan yang berlangsung selama periode 1700 – 1800-an tersebut.
Revolusi Industri, yang dimulai di Inggris pada abad ke-delapan belas, mengubah secara drastis praktik-praktik manufaktur yang memicu kelahiran dunia ilmiah pada abad berikutnya. Inovasi teknologi bermunculan. mempermudah suatu sistem pabrik untuk memproduksi lebih banyak produk dengan tenaga kerja yang sedikit dan memberikan mekanisasi dari banyak operasi manual tradisional dalam dunia industri tekstil. Inovasi terpenting yang mengawalinya adalah mesin uap yang dikembangkan oleh James Watt pada tahun 1765 yang memberikan pabrik-pabrik sumber energi uap yang murah untuk menghasilkan produk yang melimpah.
Teknik Industri lahir pada akhir abad ke – sembilan belas. Teknik Industri adalah profesi dinamis yang perkembangannya didorong oleh tantangan dan tuntutan dari manufaktur, pemerintah dan layanan organisasi sepanjang abad kedua puluh. Teknik Industri juga merupakan profesi yang masa depannya tidak hanya bergantung pada kemampuan praktisi untuk bereaksi dan memfasilitasi operasional dan perubahan organisasi tapi lebih kepada kemampuan mereka untuk mengantisipasi dan memimpin perubahan itu sendiri.
Dalam berjalannya era industri lahirlah konsep-konsep dari para tokoh pemikir untuk lebih mengefektikan dan mengefisiensikan produktivitas pekerja. Konsep tentang spesialisasi pekerja yang disampaikan Adam Smith, “motion and time” dari charles Babbage, “Interchangeable manufacture” dari Eli Whitney, dan yang paling utama adalah konsep dari Frederick Winslow Taylor mengenai “scientific method” dan beberapa tokoh lainnya seperti Frank Gilbert dan Lillian Gilberth menuntut keahlian teknis yang terlatih yang dapat merencanakan, mengorganisasikan dan menggerakkan/memimpin operasi-operasi dari sebuah sistem yang besar dan kompleks.

Sejarah Eli Whitney
Eli Whitney lahir di Westboro, Massachutes, pada tanggal 8 Desember 1765. Eli pada saat muda mununjukan minat dalam mekanika dan teknik, sementara masih dalam usia remaja ia mengembangkan sebuah toko dipeternakan ayahnya dimana ia menghasilkan paku dan barang-barang kecil lainnya sulit diperoleh selama revolusi Amerika maupun Industri.
Eli whitney menerima gelar sarjananya pada tahun 1792 selanjutnya pergi ke Georgia dengan harapan dan menemukan pekerjaan sebagai guru privat. Selama kunjungan ke rumah Georgia Mrs Nathanael Greene seorang janda pahlawan Perang Revolusi. Eli Whitney berkenalan dengan dilema yang dihadapi oleh produsen kapas Selatan Panen mereka diperintahkan harga tinggi tetapi biaya pengolahan itu juga tinggi. Tangan buruh ekstensif diperlukan untuk memisahkan benih dari serat dan sering sebagai budak yang banyak dibutuhkan untuk tugas ini sebagai merawat tanaman.
Dalam sebuah surat kepada ayahnya pada 11 September 1793, Whitney menggambarkan proses yang menyebabkan penemuan yang paling terkenal:
“Dalam sekitar sepuluh hari saya membuat model kecil, yang saya ditawari, jika saya akan memberikan semua hak dan judul untuk itu, Seratus Guineas. Aku menyimpulkan untuk melepaskan sekolah saya dan mengalihkan perhatian saya untuk menyempurnakan Mesin. Aku membuat satu sebelum aku datang pergi yang diperlukan tenaga kerja satu orang untuk menghidupkan dan yang satu orang akan membersihkan kapas sepuluh kali sebanyak yang ia bisa dengan cara lain sebelum dikenal dan juga membersihkannya jauh lebih baik daripada dalam modus biasa. Mesin ini dapat dihidupkan oleh air atau dengan kuda, dengan kemudahan terbesar, dan satu pria dan kuda akan melakukan lebih dari lima puluh orang dengan mesin-mesin tua. Hal ini membuat lima puluh kali lebih sedikit tenaga kerja, tanpa membuang setiap kelas Orang keluar dari bisnis”

Penemuan Eli Whitney
Whitney telah merancang gin kapas (singkat untuk mesin), yang dipisahkan secara mekanis benih dari serat Peningkatan ini diubah ekonomi Selatan dengan membuatnya menguntungkan untuk menaikkan dan proses kapas. Whitney membentuk kemitraan dengan Phineas Miller, mandor Mrs Greene. Sebuah paten diberikan untuk mesin pada 1794, namun konsep itu sederhana dan mudah ditiru. Akibatnya, versi bajakan gin itu umum dan memberinya pendapatan tidak. Upaya untuk menegakkan hak paten di pengadilan itu mahal dan tidak produktif. Kecewa dan pahit, Whitney kembali ke New England di tahun 1798.
Selama tahun itu Eli Whitney memenangkan kontrak dari pemerintah federal untuk produksi 10.000 senapan militer. Kunci untuk tawaran yang menang itu adalah pengembangan dari suatu proses yang handal untuk pembuatan bagian-bagian saling dipertukarkan mekanisme menembak. Dia menyebut “sistem keseragamannya Inspirasi datang dari teknik yang telah dikembangkan Whitney dalam pembuatan gin kapasnya.
Tujuan dari strategi Whitney adalah untuk mesin untuk memproduksi bagian-bagian, masing-masing memiliki toleransi yang cukup ketat yang dapat digunakan dengan bagian-bagian lain untuk merakit seluruh produk tanpa kerja manual ke file dan fit. Proses ini lebih mudah untuk menggambarkan daripada mengeksekusi, dan pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas kontrak Whitney terpaksa menunggu sampai 1809 untuk pengiriman akhir dari senapan 10.000 th, meskipun ketentuan dalam kontrak untuk pengiriman pada tahun 1800. Mereka benar dipahami bahwa proses ini akan kritis dengan kebutuhan Amerika untuk membela diri.
Beberapa aspek dari “sistem keseragaman” Whitney mungkin telah ada sebelumnya dan ia mungkin telah menyadari beberapa proses Perancis sebelum merancang sendiri. Namun demikian, ia membawa banyak ide bersama-sama dan maju penerimaan konsep-konsep manufaktur nya. Standardisasi bagian dipertukarkan merupakan kontribusi besar terhadap perkembangan industri Amerika. Eli Whitney meniggal di New Haven Connecticut januari tanggal 8 pada tahun 1825.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s